Preface

Thursday, January 20, 2011 at 10:40 PM
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puja puji syukur kita harus senantiasa sampaikan kepada Allah SWT dalam kehidupan kita, kerena begitu banyak nikmat diberikan olehNya. Istighfar juga senantiasa  harus seringkali pula kita ucapkan sebanyak-banyaknya, karena kita acapkali jua menjadi orang yang mengingkari nikmat-nikmat dariNya. Kesehatan, air yang jernih dan beragam makanan bisa kita nikmati. Semua ini datang dari Allah SWT. DIA tidak menghendaki balasan dari kita, namun rasa syukur kita harus kita panjatkan padaNya agar ditambah olehNya nikmat yang telah ada.  Syukur yang terbesar yang dicontohkan  oleh Nabi Muhammad SAW adalah sholat 5 waktu tepat waktu di masjid. Dan sholawat salam harus pula kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW karena kita adalah pengikut beliau, agar kelak diberikan syafa’at oleh Beliau- Nabi Muhammad SAW .
Buku kecil ini akhirnya selesai juga meskipun dengan upaya yang cukup lama dan cukup keras bahkan kadang menegangkan, karena ada orang-orang yang tidak meyakininya kejadian ini ketika diceritakan oleh penulis pada mereka.  Hal ini adalah perkara yang wajar saja karena memang perkara yang ditulis ini adalah kisah orang-orang dari kelompok kecil. Bukankah hanya sedikit sekali orang yang  beriman? Orang yang mau bersyukur ?! Bagaimanakah pendapat anda akan sehelai rambut putih di antara bulu kerbau yang hitam legam? Tidakkah hal ini sangat sulit didapatkan?
Dengan ditulisnya buku ini diharapkan ia akan menjadikan panduan kita dalam melangkah menapaki  hidup ini. Sebab tanpa keteladanan dan contoh yang kongkrit kita akan mengalami kebingungan. Apalagi manusia senang sekali berpendapat atas sesuatu  dan pada seseorang. Padahal kebenaran datang dari Allah SWT. Jika mereka tanpa dasar kebenaran kitab yang benar dan pemikiran atau renungan berdasarkan Al Qur’an dan Hadits maka manusia itu pasti akan sesat. Dan kesesatan itu bisa sejauh-jauhnya.
Contohnya. Konsep kebahagiaan dan kebenaran dan ketenangan dan kemajuan dan keberhasilan dan  kecintaan Allah SWT dan kebencian Allah SWT terhadap suatu kaum haruslah diukur berdasarkan keputusan Allah SWT. Bukan melalui renungan manusia atau pemikiran manusia tanpa ilmu pengetahuan yang benar. Itu semuanya harus berasal dari keputusan yang datang dari Allah SWT.
Itulah yang menyebabkan banyak terjadinya kontradiksi kehidupan manusia sejak dahulu kala hingga kelak detik-detik H hari kiamat datang manusia masih demikian. Bingung dan cemas dan ketakutan dengan perkara yang mestinya tidak perlu mereka takuti. Misalnya : tidak dihormati orang, tidak banyak harta, banyak harta tapi bingung karena tidak bisa tidur, tinggi jabatan namun kebahagiaan tidak ada di hati. Dan masih banyak  lagi kisah manusia yang bisa kita  ambil sebagai pelajaran yang sangat nyata.
Terima kasih saya sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu memberikan cerita kejadian manusia yang mereka temui dan mengulanginya lagi ketika direkor oleh penulis. Sebab dengan cerita dari yang menyaksikan dengan mata kepala sendiri maka kisah itu diharapkan akan menjadi hidup dan mempunyai ruh bagi kita untuk menirunya. Semoga bantuan dan kebaikan pihak-pihak yang menyumbangkan kisah dalam buku kecil ini mendapatkan balasan dari Allah SWT  di dunia dan akherat.
Biarlah air mengalir membawa sampah dan membenamkan di tempat yang bermanfaat dan menumbuhkan tanaman dan bunga-bunga yang indah serta buah-buahan yang enak dimakan oleh makhlukNya, manusia dan binatang.  Demikian pula biarlah kebaikan menjadi catatan tersendiri bagi kehidupan kita dan menghilangkan  keburukan yang ada pada kita untuk bisa menjadikan teladan kebaikan bagi orang lain.
Penulis bukanlah orang yang sempurna dan hebat.  Penulis sangat yakin bahwa dalam tulisan ini ada banyak salahnya, namun semua itu di luar maksud untuk menipu dan merekayasa, akan tetapi sebagai pelengkap kisah sejati manusia dengan berbagai dinamika yang ada pada diri mereka. Untuk itu penulis menerima kritik dan saran dan nasehat apa saja demi kebaikan kita semua. Jazzakalllah khoiron katsiro. ( Semoga Allah membalas kebaikan anda semua).

Triyono B Santoso /Amir  Sunni. Mobile : 081  917 012 311  - Mataram – NTB.

0 comments

Post a Comment